Spot Wisata Indah di Kintamani Bali
Info Wisata

Spot Wisata Indah di Kintamani Bali

Berita Terbaru Wisata – Wisata Kintamani merupakan diksi yang mengacu pada kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Wisata Kintamani terkenal sebagai sisi pesona keindahan Bali selain pantainya. Dan hebatnya, setiap objek wisata di Bali tidak menghilangkan aspek tradisi atau budaya leluhur.

Spot Wisata Indah di Kintamani Bali

Pada akhir tahun 2020 tercatat kunjungan ke Kintamani mencapai 1.200 kunjungan per hari yang didominasi wisatawan lokal. Hal ini menunjukkan fakta bahwa Kintamani memiliki pesona tersendiri, padahal bukan pesona pantai yang ditawarkan. Jarak dari Denpasar juga tidak terlalu jauh. Kintamani dan Denpasar hanya berjarak 57 kilometer, dengan total waktu tempuh sekitar 2 jam. Di bawah ini kami berikan spot-spot terbaik dan terindah yang bisa Anda kunjungi di Kintamani.

  1. Danau Batur

Salah satu wisata Kintamani yang paling terkenal adalah Danau Batur. Sebuah danau yang memiliki luas sekitar 16 kilometer persegi, dan berstatus Taman Bumi. Air danau terlihat seperti bulan sabit. Karena Danau Batur sangat luas, maka banyak sekali spot di Kintamani yang cocok untuk menikmati keindahan danau tersebut. Danau Batur selain memiliki pesona keindahan yang memanjakan mata pengunjung, di sisi lain juga digadang-gadang menjadi salah satu danau terbesar di Bali. Lokasi tepatnya, Gunung Batur berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

  1. Desa Trunyan

Wisata Kintamani selanjutnya adalah Desa Trunyan. Sebuah desa yang dianggap desa tertua di provinsi Bali. Di Desa Trunyan, tradisi nenek moyang secara turun-temurun masih dilestarikan. Lokasinya sendiri cukup dekat dengan Danau Batur. Namun untuk bisa kesana anda harus memakai perahu. Daya tarik Desa Trunyan adalah adanya tradisi pemakaman yang disebut Mepasah. Tradisi ini berbeda dengan masyarakat Bali pada umumnya.

Jika pemakaman masyarakat Bali pada umumnya harus dibakar melalui upacara Ngaben, bukan oleh masyarakat Desa Trunyan. Tradisi disini jika ada orang yang sudah meninggal tidak akan dikuburkan atau dibakar. Akan yetapi akan diletakkan berbaring, di dekat pohon besar yang mengeluarkan aroma khusus. Mayat-mayat yang tergeletak di kawasan itu hanya untuk warga desa yang meninggal secara normal dan berkeluarga. Begitu juga dengan jumlah makam di kawasan itu harus tetap 11.

  1. Pura Ulun Danu Batur

Wisata Kintamani selanjutnya yang menawarkan keindahan wisata alam, wisata sejarah dan wisata religi dalam satu kawasan adalah Pura Ulun Danu Batur. Wisata sejarah Pura Ulun Danu Batur dikarenakan bangunan tersebut telah berdiri sejak abad ke-17. Sedangkan untuk wisata religi selain sebagai tempat peribadahan juga dipercaya sebagai tempat yang mampu menjaga keharmonisan pulau-pulau.

Pura Ulun Danu Batur memiliki pemandangan yang sangat indah, karena terdapat kolam dan taman yang tertata indah. Selain itu, pengunjung bisa naik speedboat mengelilingi danau. Fasilitas di Pura Ulun Danu Batur Kintamani sangat lengkap, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang datang.

  1. Kintamani Penelokan

Penelokan Kintamani adalah nama sebuah desa yang memiliki panorama alam yang sangat indah, udaranya yang sejuk, dan menjadi spot favorit para wisatawan yang datang ke Kintamani. Di Desa Penelokan merupakan lokasi terbaik untuk menikmati keindahan Danau Batur dan Gunung Batur. Bahkan cafe atau resto yang ada disana sengaja membuat spot spesial yang menghadap ke Gunung dan Danau Batur. Penelokan Kintamani menjadi kawasan yang direkomendasikan untuk dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga, terutama saat hari libur tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *